Peningkatan Keterampilan menyimak wawancara dengan Media Audio Visual melalui Pendekatan Kooperatif Strategi Numbered Head Together Siswa Kelas X2 IPS 2 SMA Negeri 1 Tinambung kecamatan Tinambung kabupaten Polman

Nurwanti, Nurwanti (2011) Peningkatan Keterampilan menyimak wawancara dengan Media Audio Visual melalui Pendekatan Kooperatif Strategi Numbered Head Together Siswa Kelas X2 IPS 2 SMA Negeri 1 Tinambung kecamatan Tinambung kabupaten Polman. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Nurwanti.doc

Download (30kB)

ABSTRAK Nurwanti. 2011. “Peningkatan Keterampilan menyimak wawancara dengan Media Audio Visual melalui Pendekatan Kooperatif Strategi Numbered Head Together Siswa Kelas X2 IPS 2 SMA Negeri 1 Tinambung kecamatan Tinambung kabupaten Polman.” Skripsi. Dibimbing oleh H.A. Wardihan dan H. Muhammad Bachtiar Syamsuddin. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas ( classroom action research ) yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menyimak wawancara dengan media audio visual strategi Numbered Head Together siswa kelas X2 IPS 2 SMA Negeri 1 Tinambung. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan pemaparan data deskriftif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi, wawancara dan dokumentasi foto dan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes siswa diakhir siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X2 IPS2 SMA Negeri 1 Tinambung dengan jumlah 44 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus II. Setiap siklus berlangsung tiga kali pertemuan dan setiap siklus terdiri atas tiga tahap yaitu perencanaan,pelaksanaan dan penilaian. Hasil analisis data yang dilakukan terhadap hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan audio visual melalui pendekatan kooperatif strategi Numbered Head Together dalam pembelajaran menyimak wawancara siswa kelas X2 IPS2 SMA Negeri 1 Tinambung pada tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pada siklus I mengalami peningkatan pada siklus II. Tahap perencanaan ditemukan adaya peningkatan kemampuan guru bidang studi dalam merencanakan pembelajaran yang lebih baik Tahap pelaksanaan peningkatan kualitas yaitu mampu menuliskan pokok-pokok isi wawancara , menceritakan kembali isi wawancara yang disimak dengan kata-kata sendiri, mampu menyimpulkan isi wawancara yang disimak. Selain itu terjadi peningkatan terhadap aktifitas positif siswa pada proses pembelajaran. Tahap penilaian disimpulkan bahwa siklus 1,hasil rata-rata siswa secara keseluruhan sebesar 63,13 sedangkan nilai pada siklus II sebesar 74,13 dengan persentase peningkatan 11,3 %. Semua aspek penilaian tergolong sangat rendah pada siklus I dan meningkat ke kategori sedang dan tinggi pada siklus II. Sesuai dengan hasil penelitian ini diajukan saran, yaitu bagi guru Bahasa dan Sastra Indonesia khususnya hendaknya kreatif dalam menentukan pendekatan dalam pembelajaran keterampilan menyimak ataupun mata pelajaran lainnya agar siswa tidak merasa jenuh mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:52
Last Modified: 25 Apr 2016 06:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/100

Actions (login required)

View Item View Item